Jabar Perkuat 100 Puskesmas untuk Tangani Covid-19 pada 2021

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil | Humas Jabar

BERITARADIOSTYLE.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggagas program bernama Puspa (Puskesmas Terpadu dan Juara). Program tersebut bertujuan untuk memperkuat peran Puskesmas dalam penanganan Covid-19. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pada 2021, pihaknya akan memperkuat sekitar seratus Puskesmas yang tersebar di dua belas daerah, yakni Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Cimahi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga :

Ada sejumlah kriteria yang ditetapkan dalam penentuan lokasi. Mulai dari kasus konfirmasi, Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) per kabupaten/kota, sampai kepadatan penduduk.

"Kita akan menambah SDM dari APBD. Kami perkirakan untuk menyelesaikan masalah Covid-19 harus ada tiga SDM baru yang berkompeten di bidang kesehatan," kata Kang Emil saat melakukan konferensi video dengan dua belas Kepala Daerah di Jabar terkait Program Penguatan Puskesmas di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (26/1/2021). 

Nantinya, tiga SDM baru yang berkompeten di bidang kesehatan bersama dua staf puskesmas setempat akan menjadi tenaga kesehatan berbasis tim untuk memperkuat pelaksanaan 3T (tracing, testing, dan treatment). 

Baca Juga :

Menurut Kang Emil, program tersebut merupakan tindak lanjut atas rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memperkuat sistem dan SDM di Puskesmas. 

Berita Lainnya

Konten Rekomendasi

loading...

Berita Radio Network